Materi 6 : Cara Membuat Akun di Hostinger (Domain dan Hosting Gratis)

Tulisan kami kali ini (tutorial ke-6 dalam serial belajar membuat website) akan mengupas tentang langkah-langkah membuat akun hosting dan domain gratis di Hostinger.co.id hanya dalam 5 langkah saja,

Apa itu Hostinger? Hostinger adalah salah satu penyedia layanan domain dan hosting (baca: Domain dan Hosting awal sebuah Website) berbayar yang juga menyediakan versi gratisnya.

Jadi sangat cocok untuk kita para pemula yang baru mengenal dan belajar membuat website (sebelum membeli domain dan hosting berbayar) karena anda bisa mendapatkan Domain & Hosting secara cuma-cuma di sini.

Mungkin ada yang bertanya, apa bedanya antara domain dan hosting berbayar dengan yang gratis, berikut saya ulas sedikit perbedaannya.

Domain Gratis cenderung terlihat kurang bagus karena mengandung kata atau huruf dari provider/penyedia layanan domain yang melekat pada domain tersebut. Misalnya, kita mendapatkan domain gratis dari provider “blogspot.com”, maka mereka akan memberikan nama domain kita sebagai: http://www.websitesaya.blogpsot.com.

Padahal harapan kita sebenarnya adalah http://www.websitesaya.com. Hal ini juga menyebabkan nama domain menjadi lebih panjang dan sulit diingat. Adapun kelebihan dari domain gratis ini adalah sama halnya dengan free hosting, kita mendapatkannya secara gratis dan proses aktivasi yang relatif lebih cepat. Nah, terkadang pengunjung meragukan kredibilitas kita, apalagi jika kita menggunakan website untuk bisnis. Tentu yang muncul adalah keraguan dan ketakutan dari pengunjung dan menganggap kita tidak serius karena tidak mau mengeluarkan modal untuk biaya membeli domain saja.

Domain berbayar adalah domain tanpa disertain embel-embel nama provider, asalkan nama domain yang ingin kita beli belum terdaftar diinternet (belum digunakan oleh orang lain). Selanjutnya kita boleh memilih jenis domain yang kita inginkan, baik itu .com, .net, .ac.id, dan lain-lain. Kita juga bisa mendapatkan bantuan dengan cepat dan tepat dari provider domain tersebut ketika kita mengalami gangguan.

Domain yang kita beli terssebut merupakan sebuah main domain (domain utama), bukan subdomain dari provider/penyedia yang memakai domain tersebut.

Biasanya pengunjung akan lebih yakin dengan kredibilitas kita sebagai pemilik sebuah website yang serius dan tidak akan terjadi penghapusan domain secara sepihak dari provider sebelum masa penggunaannya habis. Kalaupun sudah habis, kita akan diberi tenggat waktu untuk melakukan perpanjangan penggunaan nama domain.

Cukup sampai di sini dulu ya tentang domain gratis dan domain berbayar, ke depan insya Allah akan ada tutorial utuh langkah-langkah membeli domain berbayar tersebut. Kita fokuskan terlebih dahulu tutorial ini untuk belajar membuat website dengan domain gratis, kalau nanti sudah berhasil silakan menggunakan domain berbayar agar terlihat lebih profesional.

Baiklah, setelah kita memahami perbedaaan domain dan hosting berbayar dengan yang gratis di atas, langsung saja kita mulai langkah-langkah membuat akun  di Hostinger untuk mendapatkan Domain & Hosting Gratis yang nantinya akan kita gunakan untuk belajar membuat website bersama saya, berikut langkahnya:

#1 Klik di sini, anda akan melihat halaman pendaftaran akun hosting dan domain gratis di Hostinger seperti gambar berikut. Selanjutnya isilah 3 buah kolom di sebelah kanannya tepat di bawah kata GRATIS Daftar Sekarang! untuk mendaftar seperti gambar di bawah Apabila sudah selesai silakan klik tombol DAPATKAN HOSTING GRATIS.



#2 Lalu anda akan berada di halaman seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya silakan membuka email yang sebelumnya anda gunakan untuk mendaftar.


#3 Di kotak masuk email anda, akan ada pesan masuk seperti gambar di bawah ini, lalu klik tombol berwarna merah'Verifikasi Email'.



#4 Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini, klik tombol berwarna merah ' Kelola Website' di kolom sebelah kiri untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.



#5 Anda akan dibawa ke halaman seperti gambar berikut ini.



Selamat anda sudah memiliki akun di Hostinger, artinya anda sudah memiliki domain dan hosting sebagai modal pertama membangun website.

Sampai di sini saja dahulu tutorial kali ini, insya Allah di materi berikutnya kita lanjutkan tutorial untuk mempelajari langkah selanjutnya dalam proses belajar membuat website. Dan pastikan teman-teman sudah mempraktekkan langkah-langkah di atas dan sudah memiliki akun Hostinger.

Apabila ada yang belum dipahami dari langkah-langkah di atas, silakan bertanya di kolom komentar di bawah ini, Sampai bertemu di tutorial berikutnya.




« MATERI SEBELUMNYA   MATERI SELANJUTNYA »
TAG