Materi 5 : Domain dan Hosting: Awal Sebuah Website

Teman-teman yang semoga diberkahi Allah, sebelum kita melangkah lebih jauh dalam membuat sebuah wesbite kita mesti mengenal dan memahami terlebih dahulu 2  (dua) istilah yang tertera di judul Materi kali ini, yaitu Domain dan Hosting. Mari kita simak pengertian dari kedua istilah tersebut.

#DOMAIN
Domain adalah adalah alamat sebuah situs web, sebenarnya alamat dari situs-situs yang eksis di Internet ini bentuk dasarnya berupa angka-angka, contohnya 17.125.135.147 bila angka ini diketik di addres bar di penejelajah web maka akan terbuka situs web Google, contoh lain 72.30.38.140 kalau ini yang diketik maka akan terbuka Yahoo. Penggunaan angka-angka ini sering disebut dengan alamat IP padahal itu sebenarnya adalah alamat domain.

Dengan kata lain domain menggunakan kata-kata bertujuan supaya penggunaannya lebih mudah diingat daripada harus menghafal urutan angka-angka yang panjang. Oleh sebab itu, para ahli Internet membuat sistem penamaan domain dalam bentuk kata untuk pengganti urutan angka-angka tersebut.

Bagian-bagian dari domain.
  • nama domain

  • extension (ekstensi) yang digunakan
Contohnya: wikipedia.org yang menjadi nama domain adalah wikipedia dan ekstensi yang digunakan adalah .org. Pada awalnya, ekstensi domain tidak begitu banyak, sekarang ekstensi domain sudah sangat banyak di antaranya (.com, .edu, .co.id, .gov, .org dan sebagainya). Pemberian extensi terhadap sebuah domain.

Ada juga istilah subdomain yang akan sering teman-teman temui, apa itu subdomain? Subdomain adalah domain baru yang dibuat dari sebuah domain. Contoh subdomain english.wikipedia.org, yang dibuat dari domain wikipedia.org.

#2 HOSTING
Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.
Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu hosting berbagi (Shared Hosting), hosting dedikasi (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan server kolokasi (Colocation Server). Ke depan insya Allah saya akan menulis lebih rinci lagi pengertian dari istilah-istilah tersebut.

Untuk menguji pemahaman terhadap materi di atas, teman-teman bisa menjawab 4 pertanyaan berikut ini:
  1. Jelaskan pengertian dan fungsi Domain?

  2. Jelaskan pengertian Subdomain?

  3. Jelaskan pengertian Hosting?

  4. Berikanlah sebuah analogi untuk mendefinisikan kata Hosting?
Sekian serial tutorial membuat website yang ke-5 ini, dan di tutorial berikutnya kita akan langsung berhadapan dengan domain dan hosting. Mari belajar membuat website dari nol bersama-sama.



« MATERI SEBELUMNYA   MATERI SELANJUTNYA »
TAG