Materi 2 : Ada Apa dengan Website?

Pengantar dan Pengertian Website (Situs Web)

Bismillah, semoga ini merupakan materi yang penuh berkah dan awal yang menyenangkan buat semua teman-teman peserta program Kursus Membuat Website yang disajikan secara bebas bea oleh Alkhansa Design. Kami ingin memulai dengan sebuah pertanyaan yang sangat dasar, yaitu apa itu Website ?

Untuk menjawabnya teman-teman sebenarnya sangat mudah mencari tahu pengertian kata tersebut di internet. berikut ini salah satu definisi website (situs web);


Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis (tetap) maupun dinamis (berubah-ubah, karena ada update tulisan misalnya) yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan tautan/link antar halaman atau dikenal dengan istilah hyperlink.


Definisi sederhananya website adalah kumpulan halaman yang memuat informasi seperti tulisan, gambar, suara atau pun video yang bisa diakses oleh siapapun melalui internet browser  (seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dll.) dengan cara memasukkan domain (contoh: www.alkhansadesign.com) di kolom address bar internet browser tersebut.

Sangat jelas bukan? Ok, mari kita lanjutkan...

Website Statis dan Website Dinamis

Ada banyak sekali jenis-jenis website di dunia maya, ada website untuk media sosial seperti twitter, linkedin, facebook dan pinterest, ada pula wesbsite untuk nonton video seperti Youtube dan Vimeo, ada pula website yang hanya diperuntukkan untuk search engine (mesin pencari), ada pula website untuk berita dan informasi serta ada pula berbagai jenis website yang diperuntukan untuk berbagai keperluan dan tujuan.

Namun agar kita mudah mengenal jenis-jenis website, secara umum website tersebut terbagi ke dalam 2 (dua) jenis utama, yaitu website statis dan website dinamis, dan nantinya kita akan mempelajari cara membuat kedua jenis website tersebut insya Allah, karena pada dasarnya konsep yang digunakan tidak begrbeda jauh antara keduanya. berikut penjelasannya...

  • Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan.

  • Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis. Contoh lainnya adalah seperti Facebook, Twitter, dll.

Kegunaan Website di Tahun 2017

Mari kita perhatikan data berikut ini...!

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan. Dari 88 juta pengguna internet pada 2014 menjadi 132,7 juta pada 2016 atau sama dengan 51 persen dari total populasi Indonesia. (JPNN)

Sudah terbayang  teman-teman seberapa luas masyarakat Indonesi secara khusus yang bisa dijangkau dengan media Website yang diakses melalui jaringan internet? Lalu apa saja manfaat Website bagi Anda? Mari kita bahas satu-per satu di Materi berikutnya.




MATERI SELANJUTNYA »
TAG